Friday, August 8, 2014

Aneh Tapi Nyata, Ada Gigi Tumbuh di dalam Hidung Pria Ini

(foto via: Daily Mail)

Biasanya gigi itu tumbuh di dalam mulut, namun apa yang terjadi bila gigi tumbuh di dalam hidung? Mungkin hidung Anda akan mimisan secara terus menerus.

Kejadian seperti itu benar-benar dialami oleh pria asal Arab Saudi ini, di mana sebuah gigi tumbuh di dalam hidunya yang menyebabkan ia sering mengalami mimisan selama bulan terakhir.

Dilansir Daily Mail, dokter yang memeriksa pria itu menemukan massa tulang putih berukuran sepanjang setengah inci (1 cm) yang tumbuh dalam rongga hidung pria itu.

Menurut dokter, massa putih itu sebenarnya merupakan gigi tambahan. Hal itulah yang menyebabkan pria berusia 22 tahun itu sering mengalami mimisan.

Gigi itu diduga menyebabkan gesekan di daerah septum hidung, sehingga menyebabkan pendarahan, menurut sebuah penelitian yang mempelajari gigi misterius yang tumbuh dalam hidung pria itu.

Untuk mengatasi hal tersebut, dokter dari Kompleks Medis Militer Raja Fahd, di Dhahran, menempatkan pria itu di bawah anestesi umum sebelum menarik keluar gigi tersebut dalam hidungnya.

Tiga bulan kemudian, hidung pasien sudah sembuh dan mimisan nya pun sudah berhenti, menurut laporan yang diterbitkan dalam American Journal of Case Reports.

Mengomentari kasus ini, dokter gigi Dr John Hellstein, yang juga seorang profesor patologi mulut di University of Iowa, mengatakan kepada LiveScience bahwa gigi tambahan itu benar-benar tidak biasa, mereka jarang tumbuh di dalam hidung.

Meskipun tidak ada yang tahu secara pasti penyebab gigi tumbuh dalam hidung, namun sebuah laporan menyebutkan bahwa masalah itu bisa disebabkan oleh trauma, infeksi, malformasi anatomi, dan faktor genetik.

No comments:

Post a Comment